Sumber Makanan Anti Stress Ibu Hamil
Hamil merupakan proses tugas yang paling sulit bagi ibu karena harus selalu menjaga dan memastikan tahap perkembangan janin agar tetap sehat.dengan berjalannya waktu,kekhawatiran anda akan bertambah besar pada banyak hal apalagi yang berkaitan dengan tumbuh kembang janin dan pastinya akan muncul berbagai pertanyaan dalam diri anda. salah satunya adalah "Apakah makanan yang saya konsumsi sehat ? dan Apakah berolahraga itu aman bagi ibu hamil ? dalam tahap perkembangan janin " Adalah hal yang wajar jika seorang ibu hamil mengalami stress memikirkan problem itu semua, namun beban mental ibu yang terjadi dalam waktu lama sangat berdampak tidak baik ( buruk ) pada kesehatan khususnya pada tahapan perkembangan si janin.
gambar tahap perkembangan janin
Stres secara berkelanjutan dapat membahayakan tumbuh kembang janin Anda kedalam tingkat yang serius, misalnya menyebabkan berkurangnya berat badan pada janin bahkan bisa jadi memicu bayi lahir prematur. Nah, untuk itu stres yang dapat membahayakan dapat dicegah dengan berbagai cara,salah satunya dengan komsumsi 4 jenis makanan ini:

  • Buah Avokad

Buah Avokad banyak mengandung  gluthatione  atau zat anti stres ,sehingga baik untuk dikonsumsi ibu. selain itu Buah avokad ini juga mengandung betakaroten, vit E, lutein serta folat yang lebih banyak dibanding buah lain.karena kandungannya ini sudah pasti buah avokad sangat baik dalam mengoptimalkan perkembangan bayi.

  • Cokelat

karena kemampuan coklat hitam dalam menurunkan tekanan darah dan menjadikan perasaan tenang saat dikomsumsi.coklat juga mengandung 2 jenis antioksidant penting yaitu polyphenol dan flavonol.coklat bisa di jadikan cemilan satu minggu sekali
  • Kacang mete

Kandungan Ze ( seng ) pada kacang mete menjadi sangat penting karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi seng maka dari itu dengan mengkomsumsi kacang mete kebutuhan seng dalam tubuh dapat dipenuhi.selain itu  Kacang mete adalah sumber vitamin C, yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan secara dini.kandungan magnesiumnya juga bermanfaat mencegah penyakit pada hati dan baik juga bagi perkembangan janin.

  • Sayur Asparagus

Asparagus kaya akan asam  folat dan vitamin B.kedua nutrisi ini perannya sangat penting dalam produksi serotonin ( hormon ) yang dapat membuat perasaan lebih santai serta menurunkan tingkat stres. Asparagus juga banyak mengandung vitamin C,  E,  A, B1, B2, B3 dan B6 dimana vitamin ini baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan.
Stres tidak boleh terjadi saat anda hamil karena dapat  membahayakan proses perkembangan janin anda juga tidak baik untuk kesehatan ibu. Maka dari itu, untuk menghindari stres rajin-rajinlah komsumsi  4 jenis makanan tersebut supaya strees menjauh dari Anda serta dengan mengkomsumsi makanan ini tubuh anda akan  mendapatkan nutrisi penting untuk tahap perkembangan janin. Selain itu anda juga di anjurkan melakukan aktivitas ringan seperti senam hamil ataupun kegiatan-kegiatan yang dapat menghilangkan beban pikiran anda.

Sumber: http://www.bilna.com/blog/4-Makanan-Anti-Stres-untuk-Ibu-Hamil/